Cara Mengatasi Uban

Rambut anda mulai beruban? mencari cara mengatasi uban rambut yang anda miliki dengan cepat dan mudah, cara mengatasi uban rambut tentunya dapat anda lakukan dengan memberikan pewarna pada rambut namun dengan menggunakan pewarna rambut tentunya akan berdampak lain terhadap rambut yang anda miliki. Munculnya uban pada rambut anda tentunya dapat mengurangi rasa percaya diri anda, keadaan rambut memutih tersebut muncul karena beberapa hal.
Uban pada rambut yang muncul karena faktor usia tentunya tidak dapat anda hindari, namun bagaimana jika uban tersebut muncul sebelum waktunya. Uban identik dengan bertambahnya umur namun tidak jarang terdapat orang yang berusia masih cukup muda namun memiliki uban. Pemahaman mengenai munculnya uban itu sendiri ternyata bukan karena faktor usia ternyata uban muncul disebabkan karena terdapatnya gangguan pada proses sintesa protein. Dimana pada proses tersebut tidak mampu menghasilkan pigmen  atau warna untuk rambut seperti sebelumnya, gangguan sintesa dari protein ini merupakan faktor keturunan yang tidak dapat anda hindari. 
Kemunculan uban selain karena faktor usia dan faktor keturunan, uban juga dapat terpicu karena stress, syok, kekhawatiran atau kesedihan yang terlalu dalam, uban juga dapat muncul dikarenakan mengalami sakit keras yang dapat mempengaruhi proses menghasilkan zat pigmen untuk rambut. 

Berikut ini cara mengatasi uban pada rambut yang dapat anda lakukan dalam perawatan rambut sehari-hari:

Protein
Konsumsi makanan yang tinggi protein, protein merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut. Dengan mencukupi nutrisi untuk rambut dengan mengkonsumsi makanan yang berprotein tinggi tentunya akan memperlancar zat yang dibutuhkan oleh rambut tersebut.

Mineral dan zat besi
Selain protein tadi rambut juga membutuhkan mineral seperti zinc dan zat besi dalam pertumbuhannya. Dalam memberikan nutrisi rambut dari luar gunakanlah bahan yang memiliki dua kandungan penting yang dibutuhkan oleh rambut ini. Zat besi dapat anda penuhi dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan zat besi yang tinggi seperti pada sayuran hijau.

Vitamin B
Cukupi kebutuhan tubuh akan vitamin B, vitamin B juga dibutuhkan oleh rambut agar tetap terjaga serta terawat kesehatannya dan dapat terhindar dari uban.

Jeruk nipis
Untuk mengatasi uban pada rambut, anda juga dapat menggunakan air perasan jeruk nipis yang ditambahkan minyak kelapa. Aduk bahan keduanya hingga merata dan tercampur sempurna, kemudian anda oleskan pada rambut anda secara menyeluruh sambil dipijat ringan. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air bersih, cara ini dapat anda lakukan setiap hari untuk menunda munculnya uban pada rambut anda.

Demikianlah cara mengatasi uban pada rambut yang dapat anda lakukan sebagai perawatan rambut anda sehari-hari.

Popular Posts